Aktivitas ekonomi ada 3 macam, yaitu :
1. Aktivitas Produksi
Aktivitas produksi adalah kegiatan manusia untuk menghasilkan atau meningkatkan nilai guna atau manfaat dari suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Tujuan aktivitas Produksi, yaitu :
Menambah atau meningkatkan nilai guna suatu barang.
Memenuhi kebutuhan masyarakat.
Mengelola atau memanfaatkan sumber daya alam menjadi berbagai jenis barang atau jasa.
Mempertahankan kelangsungan proses produksi.
Faktor yang mempengaruhi aktivitas produksi, yaitu :
Sumber daya alam, meliputi tanah, air, iklim, bahan tambang, tenaga alam dan sinar matahari.
Tenaga kerja, meliputi tenaga kerja rohani dan jasmani
Sumber daya modal, meliputi modal tetap dan modal lancar
Sumber daya kewirausahaan, meliputi keahlian dan ketrampilan.
2. Aktivitas Distribusi
Aktivitas distribusi adalah kegiatan menyalurkan atau menyebarluas kan barang dari produsen ke konsumen. Orang atau lembaga yang terlibat dalam aktivitas distribusi disebut distributor.
Contoh dari kegiatan distribusi diantaranya :
• Perantara khusus, terdiri atas agen, makelar, komisioner.
• Pedagang, terdiri atas pedagang pasar besar, pedagang kecil, pedagang menengah
• Lembaga pembantu, terdiri atas bulog, dolog, KUD, BUUD
• Eksportir dan importir.
Tujuan kegiatan distribusi adalah menyeimbangkan oenyebaran barang antara wilayah surplus ke wilayah minus. Hal paling penting yang harus diperhatikan dalam kegiatan distribusi adalah ketepatan sasaran serta keutuhan barang dan jasa yang disalurkan.
Bentuk-bentuk penyaluran distribusi dibedakan menjadi 2, yaitu :
a) Distribusi langsung, menyalurkan barang scara langsung dari produsen kekonsumen.
b) Distribusi tidak langsung, menyalurkan barang dengan menggunakan alat-alat pembantu, misalnya pedagang besar , agen, grosir, eksportir, atau lembaga lain.
3. Aktivitas Konsumsi
Aktivitas konsumsi adalah kegiatan menggunakan, memakai, atau menikmati barang atau jasa secara berangsur-angsur atau sekali pakai. Sedangakan orang atau lembaga yang melakukan konsumsi disebut konsumen.
Tujuan kegiatan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai kepuasan maksimal, sehingga tercapai kemakmuran, kesejahteraan, atau kehidupan yang layak.
Faktor yang mempengaruhi pola konsumsi individu atau masyarakat, yaitu :
a) Penghasilan
b) Ketersediaan barang dan jasa
c) Tingkat harga barang dan jasa
d) Tingkat pendidikan
e) Status sosial
f) Selera
g) Jumlah tanggungan keluarga
h) Tradisi atau kebudayaan
0 komentar:
Posting Komentar